PEMDES UMAKLARAN LAUNCHING SIMBOLIS PMT STUNTING PERDANA Di TAHUN 2024

  • Aug 01, 2024
  • YOHANA SAHERLI BAU,S.Pt

     Pemerintah Desa Umaklaran bersama Kepala UPTD Puskesmas Haliwen, Ibu Thresia Fernandez dan Camat Tasifeto Timur, Bapak Arther Hemanus Rinmale gelar Launching Perdana Simbolis Pemberi Makananan Tambahan (PMT) Stunting di Kantor Desa Umaklaran, pada 11 Juni 2024. Yang hadir dalam Launching PMT ini, Kepala UPTD Puskesmas Haliwen, Ibu Thresia Fernandez bersama Bidan Gizi dan Bidan Desa Umaklaran, Camat Tasifeto Timur, Bapak Arther Hemanus Rinmale, Pendamping Desa Tingkat Kecamatan, Bapak Vinsensius B. Rin, Pendamping Desa Umaklaran, Orangtua 12 Baduta (Bayi Dua Tahun) dan juga Aparat Desa Umaklaran.

     Agustinus Nai Bili, S.Sos Kepala Desa Umaklaran kepada media ini menyampaikan, Launching PMT bagi anak-anak Baduta Stunting yang ada di Desa Umaklaran dimana  kurang lebih ada 12 anak Baduta yang diintervensi. mereka ini kita beri makanan tambahan selama kurang lebih 56 hari. Satu hari makan dua kali, pagi dan siang. Harapannya  mudah-mudahan dalam dua bulan ini anak-anak kita bisa masa pertumbuhannya, berat badan, tinggi badan dan gizinya. 

      Pihaknya menekankan pada perilaku orang tua yang ada dirumah masing-masing, untuk menjaga Pola Hidup Bersih (PHB),  sehingga kesehatan anak-anak tetap terjaga dalam rumah dan lingkungan masing-masing sehingga dengan asupan PMT ini bisa memberikan perubahan kepada 12 anak-anak Baduta ini. Harapan kita semoga dengan PMT selama 2 bulan ini, anak-anak ini bisa pulih dalam pertumbuhannya berubah menjadi baik khusus IQ otak anak-anak kita, dan anak-anak Baduta ini bisa lolos dari Stunting ini. 

      Camat Tasifeto Timur, Bapak Arther Hemanus Rinmale juga menyampaikan harapan terkait Launching PMT hari pertama yang diberikan kepada 12 Baduta di Desa Umaklaran. Launching PMT hari Ini merupakan suatu tanggung jawab penting bagi kita untuk melihat dan memperhatikan generasi-generasi penerus kita yang berkualitas. Kita memberikan PMT dimana unsur gizinya, sehingga pembentukan otak untuk anak-anak ini menjadi bagus, pertumbuhan perkembangan badan juga menjadi baik, akhirnya anak-anak bisa tidak tergolong dalam Stunting tersebut".

     "Jadi untuk anak-anak 12 Baduta orang ini akan dibantu oleh Pemerintah Desa selama 56 hari dengan memberikan makanan tambahan yang bergizi. Makanan tambahan ini sebagai suplemen tambahan berupa asupan bergizi sehingga ada percepatan perubahan berat badannya dan juga tinggi badan sekaligus pembentukan IQ otak anak lebih bagus".

       Dikatakannya juga, launching ini merupakan yang Perdana di Tahun 2024 ini, dan untuk 12 Desa yang ada di Kecamatan Tastim sudah di Launching untuk 7 Desa. Dan yang bertanggung jawab penuh dan mengontrol berjalan PMT ini yang pastinya Pemerintah Desa yang berkerja sama dengan Bidan Gizi Puskesmas Haliwen, Bidan Desa Umaklaran, Mama-mama Kader Desa Umaklaran dan khususnya Orang tua dari 12 Baduta ini.

      Pesan kita kepada orangtua, anak itu amanat Tuhan, anak merupakan titipan Tuhan yang harus kita jaga, rawat dan perhatikan dengan penuh kasih sayang".

      Vinsensius B. Rin, Pendamping Desa Tingkat Kecamatan Tasifeto Timur juga menyampaikan sudah ada 7 Desa yang sudah di launching, diantaranya Desa Silawan, Sadi, Tialai, Sarabau, Halimodok, Takirin, dan Umaklaran.

      "Jadi untuk Desa Umaklaran ada 12 anak Baduta (Bayi Dua Tahun) yang kita berikan PMT selama 56 hari. Jadi ini melalui Dana Desa dimana Desa memiliki intervensi juga terhadap anak-anak kita khususnya Baduta yang mengalami Stunting dibawah naungan koordinasi Puskesmas Haliwen. Harapan kita semoga anak-anak Baduta ini mengalami perubahan setelah 56 hari ini dan semoga kita bisa selesaikan atau mengurangi Stunting yang ada di Desa Umaklaran ini.

 

 

 

           

Kim Umaklaran : Anggelina Ima Nai Buting