MUSYAWARAH DESA PRIORITAS USULAN DESA UMAKLARAN TAHUN ANGGARAN 2025

  • Jul 15, 2024
  • YOHANA SAHERLI BAU,S.Pt

   Musyawarah Desa terkait Perencanaan Desa Tahun Anggaran 2025 Desa Umaklaran Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Rabu 10 Juli 2024 di Aula kantor desa Umaklaran. Musyawarah Prioritas ini di pimpin oleh Ketua BPD Bapak Andreas Kali dan Kepala Desa Umaklaran Bapak Agustinus M. Nai Bili, S. Sos sebagai Narasumber. Musyawarah prioritas ini dihadiri oleh Dinas Sosial PMD, Koordinator P3MD, Pendamping Lokal Desa, Perangkat Desa, Ketua BPD dan Anggota, Ketua LPM dan Anggota, Lembaga Adat, para Kepala Kewilayaan, RT/RW, PKK, Para Kader Posyandu, KB, Ketua Karang Taruna, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Para pengelola Paud dan Tutor, Linmas, serta Tokoh Agama.

   Menurut Kepala Desa Umaklaran yaitu Bapak Agustinus M. Nai Bili, S. Sos dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Musyawarah Desa ( Musdes ) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat desa untuk membahas dan menyepakati berbagai kebijakan atau rencana yang akan dilaksanakan di desa. Dalam Musdes, salah satu agenda penting yaitu mengenai Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), yang akan menjadi acuan dalam pelaksanaan program dan kegiatan di desa selama periode tertentu, biasanya dalam satu tahun anggaran. 

    Hal ini sangat bagus dilakukan karena semua ini bertujuan untuk memajukan Desa Umaklaran ini. Dengan adanya Kerjasama antara Pemerintah dan Masyarakat juga sangat memudahkan untuk mecapai tujuan dari pemerintah desa. Acara Musyawarah desa ini juga menjadi wadah penting bagi seluruh Masyarakat desa untuk berdialog, berdiskusi, serta menyampaikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat secara langsung. Keberhasilan Musyawarah desa kali ini menjadi bukti nyata semangat gotong royong dan kesadaran kolektif dalam memajukan desa.

    Diharapkan dengan adanya kerjasama yang solid antara pemerintah desa, dan seluruh elemen masyarakat, Desa Umaklaran dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang nyata bagi kesejahteraan masyarakatnya.